Mahasiswa

Gambar 2. Jumlah Mahasiswa Reguler Per Angkatan

Sistem penerimaan mahasiswa baru disusun secara lengkap (kebijakan, kriteria, prosedur, instrumen, sistem pengambilan keputusan) dan konsistensi pelaksanaannya. Sistem penerimaan mahasiswa baru menerapkan prinsip pemerataan wilayah asal mahasiswa dengan jumlah propinsi asal mahasiswa lebih dari 7 provinsi (Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, Bangka Belitung). Rasio jumlah calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap jumlah calon mahasiswa yang lulus seleksi di PS S1 Fisika FMIPA Unila adalah 1:4. Rasio jumlah mahasiswa yang mendaftar ulang terhadap jumlah mahasiswa yang lulus seleksi rata-rata di atas 95%. Rasio jumlah mahasiswa baru transfer terhadap jumlah mahasiswa baru bukan transfer nol karena tidak pernah ada mahasiswa transfer di PS S1 Fisika FMIPA setiap tahunnya. Selama kurun waktu lima tahun terakhir, jumlah mahasiswa d PS S1 Fisika FMIPA Unila tercatat sebanyak 469 mahasiswa.

Rata-rata IPK lulusan PS Fisika FMIPA Unila dalam 5 tahun terakhir adalah: 3.01

Dalam tiga tahun terakhir, yaitu 2016-2018 banyak capaian prestasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa PS S1 Fisika FMIPA Unila. Jumlah pencapaian prestasi mahasiswa di tingkat propinsi/ wilayah = 7, nasional = 8, dan internasional = 1, dengan menggunakan rumusan NPMHS = (2 x NA + 3 x NB + 4 x NC) / N adalah 2,625.

Gambar 3. Prestasi Mahasiswa

Persentase mahasiswa DO atau mengundurkan diri di PS S1 Fisika FMIPA adalah 4,08% dengan persentase kelulusan tepat waktu sebesar 7,37%.

Rata-rata waktu tunggu lulusan memperoleh pekerjaan yang pertama ≤6 bulan (5,81 bulan)

Gambar 4. Waktu tunggu mendapatkan pekerjaan