Pelaksanaan OSAMAKOM 2019

Jurusan Fisika – Dalam rangka Dies Natalis ke-54 Universitas Lampung, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unila mengadakan Olimpiade Sains, Matematika dan Komputer (OSAMAKOM) pada hari Selasa, 17 September 2019 di Gedung Dekanat FMIPA Unila, yang diketuai oleh Dr. Suripto Dwi Yuwono, M.T., dengan total peserta yang terdaftar sebanyak 500 siswa.

Sebanyak 85 siswa SMA/SMK/MA sederajat dari berbagai kabupaten/ kota di provinsi Lampung telah terdaftar untuk mengikuti OSAMAKOM bidang Fisika. Kegiatan ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Dari 85 siswa yang mengikuti babak penyisihan diambil 5 siswa dengan nilai tertinggi, dan 5 siswa terbaik dari setiap kabupaten. 

Babak final diikuti oleh 10 siswa terpilih yang harus mengerjakan soal fisika dalam bentuk essay. Tim pembuat soal fisika yaitu: Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, M.Si., Gurum Ahmad Pauzi, M.T., Donni Kis Apriyanto, M.Sc., Humairoh Ratu Ayu, M.Si., dan Iqbal Firdaus, M.Si.

Hasil dari babak final diperoleh Juara 1 yaitu Achnaf Habibullah (SMAN 2 Bandar Lampung), Juara 2 yaitu Fahri Dean Alvito (SMAN 1 Metro), Juara 3  yaitu Nida Ummatun Nadiyah (SMAN 1 Pringsewu). Juara Harapan 1 yaitu Abdullah Azzam Al Rasyid (MAN 1 Bandar Lampung), Juara Harapan 2 yaitu Muhammad Rifki Alfi (MAN 1 Lampung Tengah), Juara Harapan 3 yaitu Zahra Hana Fadhilah (SMAN 1 Pringsewu). Juara Umum dari OSAMAKOM mendapatkan piala bergilir yang diraih oleh MAN 1 Lampung Tengah dengan perolehan dua Juara 1 yaitu dalam bidang Matematika dan Ilmu Komputer. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *