Kuliah Umum Perkembangan Teknologi Nuklir

Kuliah umum di Jurusan Fisika adalah istilah penyampaian suatu materi yang dapat dihadiri oleh mahasiswa berbagai jurusan dan program studi. Penyampaian materi ini terkait bidang keilmuan yang sejalan dengan kurikulum  jurusan Fisika FMIPA Unila, namun tetap memberi ruang bahwa materi dapat di fahami oleh peserta di luar jurusan Fisika.  Pelaksanaan kegiatan kuliah umum dimaksudkan untuk peningkatan wawasan dalam bidang Fisika dan terapannya, terjalinnya silaturahmi dan kerjasama antar institusi, share keilmuan, sehingga dapat menjadi langkah untuk meningkatkan atmosfer akademik dilingkungan jurusan Fisika FMIPA Unila.

Kegiatan ini adalah agenda Tahunan Jurusan Fisika FMIPA namun tetap diharapkan agar terjadi peningkatan frekuensi pelaksanaannya. Pada hari Senin, 17 April 2015 Jurusan Fisika FMIPA Universitas Lampung telah melaksanakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Perkembangan Teknologi Nuklir”. Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Bapak Dr. Eng. Abu Khalid Rivai, M.Eng.  dari  PSTBM Batan Serpong.

Teknologi nuklir dipercaya sebagai teknologi yang dapat memecahkan teka-teki tentang krisis energi. Tema ini sengaja diambil untuk menambah wawasan baru bagi mahasiswa Fisika Unila dalam kehidupan nyata. Topik yang disampaikan :
1. Pengenalan Nuklir
2. Bahaya Nuklir dan Penanggulangannya
3. Pengaplikasian Teknologi Nuklir
4. Potensi Pengembangan Nuklir di Indonesia
5. Nuklir sebagai energi alternatif dan bahan Bakar
6. Penembangan Nuklir di Bidang Pertanian dan Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *