Pelatihan E-Learning Berbasis Virtual Class

Pelatihan E-Learning berbasis virtual class di Jurusan Fisika adalah suatu usaha yang terencana untuk memfasilitasi pembelajaran suatu materi yang dihadiri oleh dosen fisika. Pelatihan ini  terdiri dari panduan registrasi Vclass bagi dosen, panduang membuat mata kuliah baru, panduan pembuatan quiz online dan panduan pembuatan enrollment key mata kuliah.  Pelaksanaan kegiatan pelatihan E-Learning berbasis virtual class dimaksudkan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis web, memudahkan dan mengefektifkan proses belajar mengajar.

Menurut Ketua Jurusan Fisika, yaitu Arif Surtono, M.Si, M.T ” pelatihan E-Learning berbasis virtual class adalah agenda Tahunan Jurusan Fisika FMIPA namun tetap diharapkan agar terjadi peningkatan frekuensi pelaksanaannya. Pada hari Selasa-Kamis, 23-25 April 2019 Jurusan Fisika FMIPA Universitas Lampung telah melaksanakan kegiatan Pelatihan E-Learning berbasis virtual class. Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Leni Rumiyanti, S.Pd., M.Sc.  dari  Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam  (FMIPA) Universitas Lampung (Unila).

Virtual class sebagai salah satu implementasi e-learning yang memungkinkan mahasiswa melakukan kegiatan tidak hanya tatap muka langsung dengan dosen tetapi dapat juga belajar melalui media internet. Aplikasi V-class merupakan suplemen /tambahan media pembelajaran elektronik yang berbasis web. Media ini sebagai alat penyaji informasi isi materi pelajaran, dan latihan. Materi pelajaran yang akan disajikan melalui V-class harus dikemas dan disajikan semenarik mungkin agar mahasiswa tidak mudah jenuh pada saat mengakses V-class. Kegiatan yang dilakukan selama menerapkan V-class yaitu mahasiswa menempati kelas dengan jadwal kuliah tertentu dengan membawa laptop masing-masing. Melalui V-class adanya interaksi antara mahasiswa dengan dosen secara audio visual ataupun menggunakan chatting yang dilakukan ditempat terpisah dengan syarat waktu belajar yang telah disepakati bersama.

Peserta Pelatihan
peserta pelatihan
Peserta pelatihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *