Olimpiade Fisika 2018

Jurusan Fisika- Pada tanggal 15 April 2018, Jurusan Fisika Fakultas Matematika da Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menyelenggarakan Olimpiade Fisika untuk siswa SMP dan SMA sederajat tingkat Provinsi. Olimpiade ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan acara Fisika Expo tahunan yang ke-17. Fisika Ekspo atau biasa dikenal dengan sebutan Fiesta mengadakan kegiatan Olimpiade dibidang fisika dengan tema “Fisika Berkarya Wujudkan Generasi Kreatif dan Inovatif untuk Indonesia”.

Olimpiade Fisika ini terdiri dari 2 sesi utama, yaitu babak penyisihan dan final. Babak penyisihan diadakan serempak pada tanggal 15 April 2018 di 3 rayon  yang meliputi wilayah Pringsewu, Bandar Lampung ,dan Metro. Olimpiade ini diikuti oleh 57 peserta dari siswa SMP dan SMA. Para pemenang yang lolos babak penyisihan melanjutkan ke babak final yang diselenggarakan pada 22 April 2018 di Jurusan Fisika FMIPA Unila. Soal yang digunakan bertipe essay dyang dibuat oleh segenap dosen  Jurusan Fisika FMIPA Universitas Lampung .

Pengumuman para juara diumumkan melalui akun sosial media himafi pada tanggal 26 April 2018. Pemenang olimpiade tingkat SMP ini yaitu Juara 1 Pinkan Dinda Asyifa dari SMPN 1 Pringsewu, Juara 2 Putri Febi Mersiana dari SMPN 2 Bandar Lampung, dan Juara 3 Desta Bulan Cahyarani dari SMPN 2 Bandar Lampung.  Sementara, dari tingkat SMA yaitu  Juara 1 Deni Saputra dari SMA Kebangsaan, Juara 2 Afrizal Rais dari MAN 1 Metro, Juara 3 Achmad Daffa Muntashir dari SMAN 2 Bandar Lampung. Pembagian hadiah dilakukan pada saat diselenggarakannya acara Seminar Nasional pada tanggal 5 Mei 2018. Semua pemenang mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, serta uang pembinaan yang diserahkan langsung kepada para pemenang.

Babak penyisihan
Babak penyisihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *