Pelatihan Layout 2018

Jurusan Fisika FMIPA Unila mengadakan acara Pelatihan Layout dengan pemateri Yuliyan Dwi Prabowo dan Tommy Mandala Putra. Kegiatan ini diperuntukkan kepada mahasiswa Fisika Unila angkatan 2017 yang berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 15-16 September 2018. Pelatihan Layout yang mengangkat tema “Menumbuhkan Minat Serta Mengembangkan Bakat Melalui Instrumentasi” ini dibuka secara resmi oleh dosen Jurusan Fisika FMIPA Unila sekaligus Pembina HIMAFI FMIPA Unila, yaitu Dr.Junaidi, S.Si., M.Sc.

Pada hari pertama, peserta dikenalkan dengan berbagai macam komponen listrik seperti jenis-jenis resistor, transistor, kapasitor serta bentuk dan fungsinya yang disampaikan oleh Yuliyan Dwi Prabowo . Pada materi kedua yang disampaikan Tommy Mandala Putra, peserta diajarkan membuat layout rangkaian yang akan digunakan untuk membuat saklar otomatis menggunakan salah satu aplikasi pembuat rangkaian.

Pembuatan saklar otomatis dengan sensor LDR dilakukan di Laboratorium Elektronika Dasar. Dalam membuat rangkaian ini, peserta dipandu oleh beberapa mahasiswa instrumentasi Fisika. Dalam membuat rangkaian saklar otomatis terdapat beberapa tahapan yaitu dengan menempelkan skema rangkaian hasil dari design pada hari sebelumnya di atas PCB dengan menyetrikanya agar skema tersebut menempel di PCB. Setelah menempel, PCB tersebut dicelupkan pada larutan FeCl3, kemudian PCB tersebut  di bor dan mulai dipasang komponen-komponennya dengan cara disolder. Diakhir acara, diadakan penilaian pada hasil rangkaian saklar otomatis dengan mengambil 3 skor tertinggi dari 18 kelompok .

Menurut Dr.Junaidi, S.Si., M.Sc “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami,untuk menunjang keterampilan dalam praktikum elektronika dasar. Terlebih saklar otomatis  dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Pembuatan alat ini juga tergolong cukup mudah dan dapat dibuat sendiri dengan alat yang sederhana”

Pemateri Pertama


Pembuatan saklar Otomatis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *