Workshop Karya Tulis Ilmiah (WKTI) 2018

Jurusan Fisika FMIPA Unila -Sabtu, (29/9) Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) FMIPA Universitas Lampung mengadakan acara Workshop Karya Tulis Ilmiah (WKTI) dengan Tema “ Meningkatkan Kreativitas Saintis dibidang Akademis dengan Budaya Menulis ”. Workshop ini menghadirkan dosen Fisika sebagai pemateri, Agus Riyanto, S.Si., M.Sc. dan  Dr. Junaidi, S.Si., M.Sc. Serta 3 mahasiswa Kimia FMIPA Unila yang lolos pimnas 2018, Mentari Yunika Sari dkk., Acara WKTI ini menekankan mahasiswa baru sebagai pesertanya, namun juga dihadiri Mahasiswa Fisika Angkatan 2016 dan 2017.

Kegiatan ini diadakan sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian peserta dalam bentuk tulisan ilmiah, membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi penyelesaian masalah dalam bentuk karya ilmiah dan melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

Pada kegiatan ini, peserta dikenalkan hal-hal terkait Program Kreativitas mahasiwa (PKM), mulai dari tips menemukan ide menulis sampai cara penulisan Karya tulis yang baik dan benar. Kemudian, peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari angkatan 2016, 2017 dan 2018. Dalam hal ini, peserta dibebaskan untuk memilih topik apa yang akan dibahas dalam Karya Tulisnya, yang kemudian akan dipresentasikan pada minggu selanjutnya.

Kegiatan dengan juri  yogi Endi (Mahasiwa Teknologi Hasil peranian angkatan 2015) dan M. Wayudi Saputra (Mahasiwa fisika angkatan 2015)  ini barhasil membawa kelompok 16 sebagai kelompok dengan karya yang terbaik dengan judul “TRP Eraku (Strip LED Ringlight Pembasmi Wereng Ramah Lingkungan)” yang membahas mengenai pemberantasan hama sawah dengan memanfaatkan LED sebagai sumber cahaya untuk menarik hama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *