Kuliah Umum Prof. Dr. Khairurrijal, M.Si

Bandar Lampung¬† ¬†Untuk mendukung atmosfir akademik, Jurusan Fisika menyelenggarakan Kuliah Umum pada hari Rabu, 8 Agustus 2018 di Ruan R2.1 Jurusan Fisika. Pada acara kuliah umum ini menghadirkan Guru Besar Fisika ITB Prof. Dr. Khairurrijal, M.Si. Tema kuliah umum kali ini adalah ” Dunia Riset Fisika di Indonesia, Kendala Memang Ada Namun Bukan Keterbatasan”.

Ketua Panitia acara, Dr.rer.nat Roniyus menyampaikan bahwa untuk melaksanakan kuliah umum ini kami mempersiapkan sebaik mungkin. Sebagian besar dosen dan karyawan terlibat dalam mempersiapkan acara ini, mulai dari konsumsi, perlengkapan, dokumentasi, transportasi dan seksi acara pelaksanaan. Ke depan acara ini dapat dipersiapkan lebih baik dan dengan support semua pihak.

Dalam sambutan pembukaan acara Ketua Jurusan Fisika Bpk Arif Surtono, M.Si., M.Eng mengatakan ” Kuliah umum ini dilaksanakan sebagai kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan atmosfir akademik, menjalin komunikasi/jaringan dengan sesama peneliti Fisika di Indonesia dan membuka wawasan baru perkembangan Fisika, khususnya di Indonesia”

Pada kuliah umum ini Prof. Khairurrijal menyampaikan riset mengenai teknologi nanomaterial electrospinning. Yaitu teknologi membuat benang dalam ukuran nano yang dibuat dari bahan polimer cair menggunakan teknik tegangan tinggi. Beliau menyampaikan bahwa semua peralatan untuk menghasilkan teknologi nanomaterial ini dirancang bangun sendiri di laboratorium, jadi bukan beli barang jadi dari impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *