Jurusan Fisika dan FMIPA Unila : Aktif Berpartisipasi Dalam Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat Tahun 2018

FMIPA Unila sebagai salah satu anggota BKS Wilayah Barat Bidang MIPA selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan Semirata yang tahun ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Mei 2018 di Medan International Convention Center (MICC), Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh USU dan didukung oleh 28 anggota BKS Bidang MIPA di wilayah barat. Peserta yg hadir dilaporkan lebih dari 500 presenter.

Agenda kegiatan semirata tahun ini meliputi 3 kegiatan, yaitu seminar internasional, seminar nasional, dan rapat pimpinn baik tingkat fakultas maupun tingkat program studi. Kegiatan dibuka oleh Wakil Gubenur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung, yang diselenggarakan di Plaza Raja Inal, kantor Gubernur Sumut, pada tanggal 4 Mei 2018 Pukul 20.00 sekaligus dilanjutkan dengan acara gala dinner. Wagub berharap, para peserta Semirata selain partisipasi dalam kegiatan seminar, dapat juga menikmati sajian kuliner khas medan, terutama durian ucok, serta berwisata di daerah destinasi wisata Medan.

Kegiatan seminar sendiri dilaksanakan di MICC yang dibuka langsung oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, Rektor berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan publikasi internasional yang terindeks scopus untuk semua perguruan tinggi pengirim peserta.

Secara khusus selain Dekan dan para Ketua Jurusan, FMIPA Unila juga mengirimkan delegasi sebagai presenter sebanyak 26 orang yang terdiri dari 14 orang dari Jurusan Kimia, 5 orang dari Jurusan Biologi, 3 orang dari Jurusan Matematika, 3 orang dari Jurusan Fisika, dan 1 orang dari Jurusan Ilmu Komputer. Tahun depan (red. 2019), Semirata direncanakan akan dilaksanakan di Bengkulu.

Dalam kehadirannya di Semirata ini, Dekan FMIPA, Prof. Warsito, S.Si., DEA., Ph.D., berharap dengan kegiatan semirata ini dapat menjadi media silaturahim ilmiah dan menjalin jaringan komunikasi diantara sesama peneliti dan dosen yang ada di BKS-PTN Barat ini, selain itu tentunya dapat menaikkan jumlah publikasi internasional di kalangan dosen. Dekan juga berpesan kepada para peserta semirata khusus nya dari FMIPA Unila agar mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga terjadi pertukaran informasi ilmiah di kalangan dosen dan peneliti. dan dapat menjalin kerjasama riset.

“Dari hasil Semirata ini, khususnya rapat tahunan yang dilaksanakan oleh para pimpinan, kami berharap dapat terjalin hubungan kerjasama yang baik diantara perguruan tinggi di wilayah barat baik di bidang riset, pengabdian kepada masyarakat, dan dapat terealisasinya pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi” ujar Dekan FMIPA.

“Dalam rapat para Kaprodi Fisika muncul sebuah rekomendasi baru yaitu agar kedepan acara SEMIRATA melibatkan kegiatan mahasiswa dalam bentuk Lomba Inovasi Sains-Teknologi yang dikemas secara paralel terhadap kegiatan seminar dan rapat tahunan Kaprodi/Dekan. Tiap universitas diharapkan mengirim satu tim lomba hasil seleksi tingkat universitasnya masing-masing” demikian disampaikan oleh Kaprodi/Kajur Fisika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *